Sabtu, 28 Mei 2011

All 'bout kuliah

Dengan merangkak, jungkir -balik, merem-melek, basah-basahan, akhirnya gw lewati juga 2 minggu penuh penderitaan yang sedang terjadi. Tinggal menunggu hasilnya, semoga memuaskan(bukan secara sexual tentunya).
Yap, ini malam minggu. Bengong, yang lain udah pada tidur gara-gara siapin tenaga buat nonton Barca vs MU, dan gw sendirian. Merenung sedikit akan apa yang udah terjadi, gimana progress gw sebagai mahasiswa. Haiiish, ancur. Banyak banget masalah yang tidak terduga terjadi, semua karena kecerobohan, entah mungkin lagi sial, atau karma. Dari masalah pelajaran, gw teledor jarang belajar, kebanyakan main, dan terlalu pasrah dengan ketidakmengertian gw akan suatu pelajaran. Ditambah lagi kasus merepotkan yang hanya terjadi sekali, takkan pernah terulang, dan 'kan selalu dikenang sepanjang masa. Ugh, buku catatan pelanggaran gw ga perawan lagi deh, BARZUL!!
Beda banget semangatnya sama tahun lalu. Tiada hari tanpa baca, tiada hari tanpa pake kalkulator, dan tiada hari tanpa lezatnya alpenlebe *plak!. Saking rajinnya, liburan aja masih belajar. Sering nanya ama temen kalo ga ngerti suatu pelajaran. Dan waktu itu sangat hobi sekali utak-atik command prompt sambil coding program lewat notepad ---->cupu. Tak kalah hebatnya, walau males nyatet tapi dapat diimbangi dengan ngejepret catetan temen saat kuliah sudah berakhir, malemnya gw baca.

Masih merenung, apa salah gw tahun ini ya? Dosa apa sih yang gw lakuin? Kok bisa ya berubah jadi downgrade begini?
Merenung lagi, jauh lebih dalam, jauh lebih lelap dari sebelumnya:

(Suasana kelas pada saat masih kelas 3 SMA, jam pelajaran kosong)
Gw duduk di kursi yang terbuat dari kayu, sementara di depan gw tergeletak sebuah buku "detik-detik UAN fisika" di atas meja yang sudah barang tentu terbuat dari kayu juga. Buku itu sudah selesai kujawab semua, yah namanya juga doyan. Lalu kemudian bete, ga ada lagi santapan yang bergizi. "Zar, bantuin gw donk", sesosok gadis manis membuyarkan lamunanku. Dia menyodorkan buku kumpulan soal tes masuk UG*, lalu menunjuk pada sebuah soal yang sudah pasti fisika. Gw mikir bentar, trus dengan kerennya gw jelasin ke dia cara ngejawab soal kacangan itu, dia ngangguk-angguk, mengerti, dan puas(sekali lagi, puas bukan secara sexual tentunya ^^V). Selesai itu, diapun kembali ke habitatnya.
Layang selayang pandang, kelompok sebelah kiri lagi ngebahas soal simak U*. Noleh ke belakang, lagi ngebahas soal-soal IT*. Di depan lagi ngebahas soal masuk U***D. Dan sementara gw, mau kemana gw? Ada sih cadangan keterima di kampus kebanggaan daerah gw. Tapi, ah masa gw kudu kuliah di jurusan 'itu' sih? Ngeliat akreditasinya aja gw langsung lemes. Lagian udah dari kelas XI gw ngerencanain mau kuliah keluar daerah, mau mandiri, mau ga ngerepotin ortu lagi. Tapi mimpi hanyalah mimpi, boro-boro mau ngebiayain kuliah, ongkos buat daftar aja kagak ada. Dan lagi, UAN semakin dekat.
Sepulangnya sekolah, gw lewat kampus yang gw udah punya tiket masuknya. Berhenti bentar, ngeliat-liat apakah gw ada feel sukses disana. Tapi, sumpah. Gw sama sekali ga nemu bayangan tubuh gw disana. Entah mengapa, semacam feeling kalo nasib gw ga disana. Atau jangan-jangan gw ga lulus UAN tahun ini, trus gw jadi tukang tambal ban di depan rumah?? *Garuk2 aspal<------contoh orang pesimis.
Nyampe rumah, gw teringat kakak kelas yang sukses masuk ikatan dinas D1 PLN. Katanya abis satu tahun kuliah, langsung kerja. Dapet uang saku, trus gajinya itu katanya lebih tinggi dari PNS golongan 3A. ($_$). Kesempatan sangat besar nih, lagian gw jago fisika. Trus gw ngehayal, abis lulus gw ngumpulin duit buat biaya ortu naek haji, setelah misi itu kelar, gw kawin. Dan lagi-lagi, khayalan ini setinggi-tingginya, seindah-indahnya. Ternyata, tahun ini ikatan dinas itu hanya menerima lulusan SMK, gak kayak dulu nerima lulusan SMA. Trus gw nyumpah-nyumpah, pasti ini gara-gara iklan SMK BISA yang dulu digembor-gemborkan di tv. -_-
Beberapa hari kemudian, temen yang sering gw ejekin 'gendut'(padahal orangnya ga gendut-gendut amat kok, cuman berat dan  bikin kempes ban motor gw) ngasih fotokopian buku soal usm S**S. Gadis berjilbab saingan gw waktu ulangan fisika ini senang gembira karena diterima di jurusan kedokteran kampus yang tadi gw bilang kampus kebanggaan daerah gw. Karena merasa tidak ngefek lagi tuh buku, sudah barang tentu dihibahkannyalah buku pusaka itu. Awalnya sih, gw kurang berminat ikut usm S**S itu, karena gw ga terlalu jago mtk, apalagi english, apalagi penegetahuan umum*jeder!*. Tapi karena ajakkan temen, trus iming-iming banyak cewek cakep yang ikut tuh tes, ya gw ikut deh. Hitung-hitung ngeceng, dan karena emang niatnya ngeceng, setelah selesai tes tahap 1, gw gombal-gombalan lewat sms ama cewe manis yang pada saat tes  tempat duduknya di samping gw.
Tuhan masih sayang ama gw, nama gw yang agak sedikit pasaran nongol di pengumuman tahap 1. Sempet bikin kaget sekampung gara-gara gw teriak histeris. Ya ampun, padahal temen gw yang ikut tuh tes pinter-pinter, rajin ikut les, sering menang lomba cerdas cermat, lah sementara 'mutan kaktus' kayak gw, dengan sesuatu yang biasa-biasa saja. Saat itulah gw mulai serius, berburu buku psikotes, pinjem ama temen yang ini, yang itu, dan jurus ngeceng gw dimanfaatin buat pinjem buku psikotes dari si cewe manis yang duduk di samping gw pada saat tes tahap 1 *ini sumpah alasannya cuma buat ngeceng doank, haha*
Hari berganti hari, berganti minggu, tahap 2 lolos, lanjut ke tahap 3. Dan tahap 3 ini merupakan sesuatu yang tabu untuk diceritakan, karena menyangkut harga diri dan masalah kemaluan ekonomi, hahahaha!!!! Finally, akhirnya resmi menjadi mahasiswa S**S (rasa haru bercampur bahagia).

Setelah merenung begitu dalam, akhirnya gw sadar, ternyata ada satu kata terlupa yang membuat gw downgrade selama ini. Kata itu terlupakan, karena kegelapan hati yang menyelimuti diri gw. Kata 'SYUKUR' karena diberi kesempatan begitu indah, bertemu dengan orang-orang luar biasa di kampus ini, dimana gw hanyalah setitik debu kecil yang tak ada apa-apanya. Lupa kata 'SYUKUR' akan isitimewanya kuliah disini, bakalan nangis terus kalo inget bokap keringetan ngegergaji kayu-kayuan itu trus ditambah kerutan kening ketika memikirkan biaya kuliah jikalau seandainya kuliah gw ga gratis. Kata 'SYUKUR' yang lupa terucap setelah menerima ilmu-ilmu yang begitu agung, yang sedemikan sehingga tidak semua orang dapat mudah menerimanya. Dan sangat tidak kalah pentingnya, kata 'SYUKUR' karena gw masih bisa berespirasi, kemudian glikolisis, dekarboksilasi oksidatif, transpor elektron dan *hentikaaaaaan!!!*. Intinya syukur karena masih hidup lah, hohoho.
Pokoknya setengah semester berikutnya ini, gw kudu berubah. Harus lebih 'SYUKUR'. Dan gw harus mengklasifikasikan 'SYUKUR' sebanyak mungkin, melebihi banyaknya klasifikasi 'SYUKUR' yang pernah dimuat di buletin kampus edisi terbaru.

Akhmad Nizar, 29 Mei 2011.

6 komentar:

  1. Cadas kk.. Follow blog saya
    jualpucukgumbili.blogspot.com

    BalasHapus
  2. jadi dari tadi km ngetik ni kah??

    BalasHapus
  3. semester depan bakal berubah?
    yakin masih hidup semester depan?
    mulai sekarang dong berubahnya. hahaha.. (pina musti)

    BalasHapus
  4. @f
    siiip, hohoho
    @k
    kagak, ni udah lama kesimpan
    @a
    baca yg bener noh, setengah sisanya =p

    BalasHapus